Selasa, 16 November 2010

PERSALINAN

Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi (janin, plasenta, air ketuban), yang dapat hidup ke dunia luar, dari rahim melalui jalan lahir atau dengan jalan lain. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan persalinan yaitu psikologi ibu. Mendekati proses persalinan berbagai perasaan akan campur aduk dalam hati para ibu hamil, sehingga itu akan berpengaruh pada psikologi ibu.  Selain tidak sabar ingin melihat buah hatinya lahir ke dunia, rasa takut dan cemas menghadapi proses persalinan pun berkecamuk dalam pikiran. Melahirkan dan rasa sakit memang sudah menjadi kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.
Mendekati proses persalinan berbagai perasaan akan campur aduk dalam hati para ibu hamil. Selain tak sabar ingin melihat buah hatinya lahir ke dunia, rasa takut dan cemas menghadapi proses persalinan pun berkecamuk dalam pikiran. Melahirkan dan rasa sakit memang sudah menjadi kesatuan yang tak bisa dipisahkan. Ketika bersalin, sebagian besar wanita memang mengalami nyeri yang sangat hebat, bahkan terkadang melebihi dugaan mereka sebelumnya.
            Nyeri pada proses persalinan akan melalui empat tahap, yakni tahap I (pembukaan), biasanya nyeri pada tahap ini diakibatkan kontraksi rahim dan peregangan mulut rahim. Tahap II (kelahiran), nyeri timbul karena peregangan dasar panggul dan pengguntingan perineum (bibir kemaluan) jika diperlukan. Tahap III adalah nyeri yang timbul karena pelepasan plasenta, dan tahap terakhir nyeri yang ditimbulkan karena penjahitan luka perineum. Rasa nyeri saat melahirkan juga bisa disebabkan oleh ketakutan. kecemasan dan stres yang berlebihan pada saat hamil sama berbahaya dengan ibu hamil yang perokok. Keadaan itu bisa berakibat bayi lahir prematur, kesulitan belajar, anak menjadi hiperaktif, atau bahkan mengalami autism.
            Cara mengatasi nyeri bisa berupa pemberian obat-obatan maupun tanpa obat. Sebenarnya sejak tahun 1874 telah digunakan metode penghilang nyeri saat persalinan, yakni dengan menggunakan diethyl ether. Namun saat ini dokter banyak menggunakan obat analgetik untuk mengurangi nyeri. Untuk mengurangi efek samping akibat penyuntikan obat, bagian yang diblok hanya pusat otot sensoriknya saja yang disuntikkan di bagian punggung atau tulang belakang, atau disebut juga dengan analgesia epidural. Dosis yang dipakai pun sangat sedikit sehingga pengaruhnya pada ibu dan bayi sangat minimal.
Sementara itu, cara non farmakalogi yang bisa dilakukan untuk menghilangkan nyeri antara lain mempersiapkan mental sejak awal kehamilan. Jika calon ibu dalam keadaan tenang dan rileks, maka rasa sakit ketika kontraksi tidak akan terlalu dirasa. Untuk mengatasi kecemasan itu Lanny Kuswandi mengembangkan teknik relaksasi dan hypnobirthing yang disadapnya dari berbagai pusat latihan di Amerika Serikat. Teknik ini terbukti berhasil membuat persalinan berjalan lancar.
HYPNOBIRTHING
            Hypnobirthing berasal dari kata hypno (hypnos dari bahasa Yunani yang artinya "tidur") dan birthing dari bahasa Inggris yaitu "proses melahirkan". Hypnobirthing adalah science and art (ilmu pengetahuan dan keterampilan dengan bahasan secara ilmiah). Meski demikian, hypnobirthing adalah suatu istilah yang dipatenkan oleh Marie F Mongan sejak tahun 1989. Meski secara modern di AS metode hypnotherapy untuk melahirkan sudah dikenal sejak tahun 1950-an dengan istilah istilah lain yang menandung pemaknaan yang sama yaitu hypnobabies, hypnobirth, hypnosis for birthing, hypnosis for babybirth , hypnosis for child . HypnoBirthing dicetuskan berdasarkan buku yang ditulis oleh pakar ginekologi Dr. Grantly Dick-Read, yang mempublikasikan buku Childbirth Without Fear pada 1944. Terapi HypnoBirthing selanjutnya dikembangkan oleh Marie Mongan, pendiri HypnoBirthing Institute.
            Hypnobirthing pertama kali dikembangkan pada tahun 1987 oleh Michelle Leclaire O'Neill, Ph.D.,RN Ia adalah pelopor dalam studi tubuh pikiran-integrasi untuk mengobati ketidaksuburan, kehamilan, persalinan prematur, dan depresi pasca-melahirkan, dan saat ini direktur dari Mind Body Center di Pacific Palisades, California. The Leclaire Hypnobirthing Method is the only natural childbirth education program developed by a woman.Metode hypnobirthing adalah satu-satunya program pendidikan melahirkan normal dikembangkan oleh seorang wanita.
Hypnobirthing merupakan perkembangan dari hipnosis, yang sama sekali bukan magic seperti anggapan yang berkembang di masyarakat. Banyak orang yang tidak tahu bahwa hipnosis merupakan bagian dari ilmu kedokteran dan bahkan yang menemukannya adalah seorang dokter bernama Dr Frans Anton Mesmer berkebangsaan Austria. Sedangkan hipnosis adalah upaya pemberdayaan pikiran bawah sadar dengan mengistirahatkan pikiran sadar. Kini, pengertian hypnosis adalah santainya otak, yang dapat diperhatikan dari dominannya irama alfa 8-12 Hz pada EEG (Elektro-Ensefalo-Grafi).
Dengan hypnobirthing rasa sakit bisa diminimalkan mekainismenya baik secara fisiologis maupun psikologis. Secara fisiologis saat wanita masuk relaksasi hypnosis, gelombang pikirannya masuk ke gelombang alfa frekuensinya 7-14 hertz atau lebih dalam lagi ke gelombang theta frekuensinya 4-7 hertz. ketika pikiran masuk ke gelombang ini, manusia menghasilkan zar endorphin alami yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit. Dan dalam hypnosis state ini, sistem metabolisme tubuh menjadi jauh lebih baik dan tubuh bebas dari ketegangan.
Adapun beberapa hal pokok dari metode hypnobirthing yaitu :
1.         1.Hypnosis for Natural Childbirth Audio Tape for Pregnancy - A deep relaxation tape that you can play throughout your pregnancy, which enables you to be calm, relaxed, centered, energized and very bonded to your baby.Melahirkan dengan hipnosis Audio Tape untuk Kehamilan - kaset relaksasi yang mendalam bahwa ibu dapat bermain selama kehamilan, yang memungkinkan klien untuk menjadi tenang, rileks, terpusat, bersemangat dan sangat terikat pada bayinya.
2.         2.Hypnosis for Childbirth Audio Tape for Labor - This is a tape that you play beginning week 39 and play during your labor.Hypnosis untuk Melahirkan Audio Tape untuk Tenaga Kerja - Ini adalah sebuah pita dimana ibu bermain minggu mulai 39 dan bermain selama persalinan. This tape gives you (and your partner) easy accessibility to a renewed spirit of openness, excitement, well being and a relaxed anticipation of the miracle of your childbirth.Rekaman ini memberikan ibu (dan suami) aksesibilitas mudah untuk semangat baru keterbukaan, kegembiraan, kesejahteraan dan antisipasi santai keajaiban saat melahirkan. It teaches you and prepares you to be aware of your contractions and to experience them in an atmosphere of peace, calm and serenity without the emotions and tension that can result in pain.Ini mengajarkan dan mempersiapkan ibu untuk mengetahui kontraksi dan mengalami mereka dalam suasana damai, damai dan tenang tanpa emosi dan ketegangan yang dapat mengakibatkan rasa sakit.
3.         Smart Beginnings Music Tape - This is scientifically tested music which promotes the mother/infant bonding, relaxes both the mother and infant, enhances mother and baby's ability to relax during breastfeeding and INCREASES your baby's ability to learn.Smart Permulaan Musik Tape - Ini adalah musik diuji secara ilmiah yang mempromosikan ibu / bayi ikatan, santai sang ibu dan bayi, ibu dan bayi meningkatkan kemampuan untuk rileks selama menyusui dan meningkatkan kemampuan bayi untuk belajar. It is also used effectively to elevate the mood as one of the tools to prevent pre-natal anxiety and postpartum depression.Hal ini juga digunakan secara efektif untuk meningkatkan suasana hati sebagai salah satu alat untuk mencegah pra-natal kegelisahan dan depresi pascamelahirkan. This music tape also has been used effectively in focusing children and adults who have ADHD.Rekaman musik ini juga telah digunakan secara efektif dalam memfokuskan anak-anak dan orang dewasa yang menderita ADHD. A must for every household! Sebuah keharusan bagi setiap rumah tangga It's also an instant refreshing vacation. Ini juga menyegarkan instan liburan. Disarankan untuk digunakan Use it daily!setiap hari. It's as clear and uplifting as a lovely spring day.Musik itu instan sebagai anestesi alami yang digunakan selama persalinan dan kelahiran.
4.         4.Creative Childbirth Book - The complete Leclaire Hypnobirthing Method - here among other things you and your partner will learn visualization, self hypnosis, psychological preparation and emotional mastery techniques that allow you to overcome your fears and enhance your relaxation during labor and birthing.Melahirkan kreatif Book - Leclaire lengkap Metode hypnobirthing - di sini antara lain ibu dan suami akan belajar visualisasi, self hipnosis, psikologis dan emosional persiapan penguasaan teknik yang memungkinkan ibu untuk mengatasi ketakutan dan meningkatkan relaksasi selama kehamilan dan persalinan.
5.         The Hypnosis for Childbirth Workbook - In the workbook you will learn five simple steps to rational thought and healthy thinking; a proven and effective technique for achieving happiness.Hypnosis untuk yang Melahirkan Workbook - Dalam buku kerja ibu akan mempelajari lima langkah sederhana untuk berpikir rasional dan sehat berpikir, yang sudah terbukti dan teknik yang efektif untuk mencapai kebahagiaan. There is no doubt that you will receive great benefit from the workbook, book and tapes.
            Hypnobirthing suatu metode relaksasi dikhususkan untuk ibu hamil. Dengan metode ini seorang ibu hamil bisa mendapatkan relaksasi yang mendalam, baik secara fisik, nafas dan pikiran. dalam keadaan relaksasi yang dalam ini seorang ibu bisa mengaktifkan pikiran bawah sadar. Dampaknya melalui pikiran bawah sadar yang aktif, ibu hamil dengan mudah mendapatkan suasana rileks, emosi stabil, nyaman dan bahagia. dalam kondisi rileks. Jadi, lebih pada penanaman mindset pada si ibu bahwa melahirkan itu tidak sakit. Inilah kondisi terbaik dalam persiapannya menghadapi persalinan. Dan ibu hamil yang melatih diri melalui metode hypnobirthing, ibu hamil bisa dengan mudah meminimalkan rasa sakit tanpa penggunaan obat obatan.  Selain berguna untuk mengurangi rasa sakit dan memperlancar proses persalinan. Hypnobirthing atau penggunaan hypnosis selama masa kehamilan bisa mencegah gangguan emosional baik saat sebelum persalinan dan setelah persalinan.
Setiap wanita bisa melakukan hypnobirthing. Prinsipnya adalah relaksasi pikiran , relaksasi nafas dan relaksasi tubuh. Relaksasi atau hypnobirthing ini bisa dilakukan oleh hypnotherapis, Dokter juga para medis kepada pasien sang ibu hamil, bisa juga dilakukan oleh suami (yang sudah mendapat pelatihan hypnobirthing) kepada istrinya saat masa hamil, bisa dilakukan oleh ibu hamil (self hypnosis) hanya dengan ikut pelatihan singkat.
Melakukan hypnobirthing hanya butuh pelatihan singkat, karena pada dasarnya upaya sinkronisasi antara mind body soul tidak sulit dilakukan oleh siapapun. Karena sebetulnya hypnosis adalah proses sehari hari yang disadari atau tidak disadari terjadi di sekitar kita, dan kita pun mengalami. Prinsipnya bagaimana kita bisa fokus, rileks dalam suasana tenang, dan kita sadar sepenuhnya.
Ada kekeliruan bahwa masuk ke hypnosis atau bawah sadar seolah oleh kita jadi tidak sadar bengong dll. Itulah kesalahfahaman yang selama ini dipegang oleh masyarakat. Karena memang banyak media yang meliput hypnosis dengan perspektif yang keliru.
Yang benar bahwa keadaan hypnosis atau masuk pikiran bawah sadar, sepenuhnya kita sadar. Jadi jangan samakan hypnosis utuk melahirkan seperti hypnosis dalam pertunjukan. Karena memang sangat berlainan . Kenapa seorang ibu hamil darus diatih melakukan self hypnosis, karena supaya kapanpun ibu hamil menginginkan rileks. Ia bisa dengan mudah melakukan rileksasi atau self hypnosis untuk dirinya, sehingga ibu hamil jika mengalami keluhan fisik atau mental, dirinya bisa mengatasi dengan self hypnosis.
            Secara tidak langsung karena ibu merasa rileks dan tidak merasakan ketegangan akibat proses persalinan yang terkenal menyakitkan, tenaga medis seperti dokter maupun bidan lebih mudah menangani ibu hamil yang melakukan persalinan dengan teknik Hypnobirthing. Ini disebabkan ibu tidak banyak mengeluh dan cenderung rileks. Proses ini membuat persalinan menjadi lebih lancar dengan minimnya penggunaan bius maupun penggunaan induksi.
Banyak manfaat yang didapat dari metode hypnobirth ini, antara lain :
·   Meminimalkan atau bahkan menghilangkan rasa takut, tegang, sindrom rasa sakit, serta kepanikan selama proses persalinan dan periode setelahnya.
·   Mengurangi atau menghapus keinginan untuk menggunakan obat penghilang rasa sakit saat bersalin.
·   Mempersingkat fase awal proses pembukaan jalan lahir.
·   Menghilangkan keletihan setelah proses kelahiran bayi sehingga Anda tetap bertenaga.
·   Mengurangi pernafasan cepat dan pendek karena menahan rasa sakit saat persalinan  berlangsung.
·   Mempercepat masa pemulihan pasca melahirkan.
·   Membuat proses kelahiran alami menjadi sesuatu yang indah dan tidak traumatis.
·   Mempercepat ikatan batin antara Anda, bayi, dan suami.
Manfaat yang paling nyata adalah tidak rusaknya rahim akibat sobekan alat operasi, terlebih secara kosmetik kulit perut tidak ada bekas jaritan. Selain itu, manfaatnya juga baik bagi janin ketika melewati jalan rahim, secara alami ia mendapatkan bakteri yang dapat memberi kekebalan bagi janin tersebut.
Oleh sebab itu, saat sekarang ini diupayakan untuk melaksanakan proses kelahiran diupayakan menggunakan metode-metode terbaru yang dapat mengurangi nyeri namun bukan secara farmakologis, dalam konteks penekanan pada proses penerimaan psikologis individu, satu diantaranya adalah dengan menggunakan  metode hypnobirthing untuk mempermudah dan memperlancar proses persalinan agar didapatkan wellborn baby, dimana bayi tidak hanya lahir namun diperhatikan pula perkembangan dan kesejahteraan bayi tersebut setelah lahir dan pertumbuhan serta perkembangannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar